Daily Archives: September 18, 2020

Pentingnya Layanan Terintegrasi PAUD HI Melalui Kolaborasi dan Sinergi Lintas Sektor

Oleh : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Adrudin Nur S,Pd M,Si

Dengan diterbitkannya Peraturan Presiden nomor 60 Tahun 2013 tentang perkembangan anak usia dini Holistik Integratif (HI), maka semua lintas sektor memiliki tugas dan fungsi masing-masing untuk hadir di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam rangka pemenuhan tumbuh kembang anak.

Satuan PAUD harus berupaya memberikan layanan terintegrasi PAUD HI melalui kolaborasi dan sinergitas lintas sektor. Mengingat pentingnya pencapaian PAUD HI sebagai ukuran mutu pendidikan PAUD, itulah sebabnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong mensosialisasikan dan mengadvokasi Peraturan Pemerintah terkait pembentukan gugus tugas PAUD HI yang diikuti 35 orang peserta terdiri dari Polres Parigi Moutong, Bunda PAUD, kepala OPD terkait, Ketua Himpaudi, Pengawas TK, Penilik PAUD, ketua IGTKI, Kapala Puskesmas (Kapus) Parigi, Kapus Parigi Tengah, Kapus Parigi Barat, Kapus Parigi Selatan dan Kapus Parigi Utara.

Memang pelaksanaan PAUD HI harus dilakukan secara simultan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal demi mewujudkan anak yang sehat, cerdas dan berkarakter sebagai generasi masa depan yang berkualitas dan kompetitif. Pemerintah daerah Parigi Moutong telah berkomitmen untuk mempercepat pelaksanaan PAUD HI sebagai salah satu indikator dalam penurunan stunting di Parigi Moutong.

Dalam Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2013, disebutkan ada delapan lembaga yang masuk dalam gugus tugas pengembangan PAUD HI. Pada pelaksanaanya disebutkan juga gugus tugas dapat mengikutsertakan, bekerjasama, dan berkordinasi dengan Kementrian terkait atau pihak lainnya yang dianggap perlu.

Kementrian atau pihak terkait lainnya dimaksud mempunyai tujuan yang sama yaitu menjamin pemenuhan hak tumbuh kembang anak usia dini, dalam hal kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan, kesejahteraan, dan rangsangan pendidikan yang diberikan secara stimulan, sistematis, menyeluruh, terintegrasi dan berkesinambungan.

Delapan Kementrian yang terkait yaitu Kemdikbud, Kementrian Kesehatan,  Kementrian Sosial, Kementrian Agama, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sekertariat Kabinet, Kepala Badan Kependudukan dan KB Nasional dan Kepala Badan Pusat Statistik.