Tingkatkan SDM, Guru Wajib Ikut Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Oleh : Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Sunarti S,Pd M,Pd

Seiring kemajuan dunia pendidikan, setiap guru dituntut mampu mengembangkan sumber daya yang dimilikinya untuk menjadi guru yang profesional. Menjawab kebutuhan persaingan global, guru sebagai pendidik adalah harapan bangsa untuk bisa mewujudkan visi misi pendidikan nasional. Guna meningkatkan sumber daya manusia (SDM) insan guru, maka diwajibkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong untuk mengikuti Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagaimana juga dilakukan oleh daerah lain.

Melalui program PKB tersebut, guru diajar dan belajar megembangkan diri dalam kelompoknya sesuai jenjang pendidikan masing-masing, mulai dari guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) hingga guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), sedangkan untuk guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Program PKB ini adalah wadah belajar yang diikuti semua guru berdasarkan kelompoknya masing-masing, contohnya guru TK bergabung dalam PKG, guru SD bergabung dalam KKG dan SMP dalam GMP. Mereka akan dimentori instruktur yang tersertifikasi oleh pusat, dengan metode belajar daring (online) dan juga tatap muka.

Pada dasarnya, program PKB ini mengajak semua guru menyadari pentingnya terus belajar dan selalu siap mengikuti perkembangan kurikulum pendidikan yang digunakan secara nasional. Pada kelas belajar PKB, disiapkan juga modul pembelajaran untuk memudahkan guru menyerap semua informasi yang diberikan. Sepanjang proses belajar, akan dipantau oleh pusat melalui aplikasi yang terkoneksi dengan kelas PKB untuk mengetahui sejauh mana guru aktif belajar dalam kelompoknya.

Keuntungan program PKB ini, guru sekaligus disiapkan untuk menghadapi Uji Kompetensi Guru (UKG) yang semakin tahun standar nilainya semakin naik. Misalnya, jika kriteria ketuntasan minimal (KKM) di tahun 2020 adalah 80, maka setiap modul, guru harus mencapai nilai tersebut untuk membantunya lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG) kemudian mendapatkan sertifikat. Berbeda dengan sebelumnya, cukup hanya mengikuti pelatihan selama tujuh hari, guru serta merta akan mendapatkan sertifikasi.

Saat ini, guru harus melewati pendidikan dan harus menyelesaikan 24 SKS, juga harus mengikuti rangkaian pre test untuk tahap penyaringan. Itulah sebabnya dapat dikatakan, program PKB ini merupakan program unggul oleh bidang GTK untuk mendorong, menciptakan dan meningkatkan guru professional, berkualitas dan berdaya saing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *