Isi Dapodik Harus Jujur dan Tepat Waktu Laporkan Dana BOS

Oleh : Kepala Bidang SMP Jalaludin Nur S,Pd M,Si

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional. Karena tanpa perencanaan pendidikan yang matang, maka seluruh program yang terbentuk dari perencanaan tersebut akan jauh dari tujuan yang diharapkan.

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan, maupun untuk melaksanaan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date. Dengan demikian, maka proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, tepat sasaran, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan suatu sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan disebut dengan Dapodik. Maka Kepala sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parigi Moutong, diimbau untuk mengisi atau mngimput Dapodiknya dengan jujur dan tepat waktu.

Kepala sekolah, meski memiliki tujuan untuk mendapatkan akreditasi sehingga merasa perlu untuk mengimput Dapodiknya dengan berbagai fasilitas yang cukup dan aset sekolah yang memadai, sebaiknya mengingat bahwa akan berdampak pada pemberian bantuan dikemudian hari. Pemerintah pusat (Kemdikbud) tentunya dalam memberikan bantuan, akan melihat Dapodik sekolah, apakah ruang kelasnya cukup, bagaimana sarana prasarana penunjang lainnya, apakah memiliki laboratorium, bagaimana peralatan pendukungnya, sehingga jika dengan alasan untuk mendapatkan akreditasi maka mengisi Dapodik secara tidak jujur, tidak ada peluang untuk diberikan bantuan fasilitas karena pada Dapodiknya semua aset atau fasilitas terisi dengan kondisi yang baik dan cukup.

Tidak diharapkan, Kepala Sekolah yang ingin mendapatkan akreditasi, berupaya mengisi sarana prasarananya dalam Dapodik secara tidak jujur untuk mendapatkan poin penilaian tertinggi, sekali lagi yang harus dipikirkan adalah dampaknya dikemudian hari. Selain itu, Kepala Sekolah harus memperhatikan waktu pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Ciri-ciri sekolah yang ingin maju dan berkembang adalah menunjukan kedisiplinan diri yang dicontohkan oleh kepala sekolah. Lambat dan tidaknya pelaporan dana BOS tergantung bagaimana Kepala Sekolah memanejemen sekolah itu sendiri, mulai dari tenaga guru, tata usaha sampai pada siswanya dan semua elemen yang terlibat didalamnya. Melaporkan penggunaan dana BOS tepat waktu adalah bentuk tanggungjawab yang tinggi terhadap penggunaan anggaran negara, yang dipercayakan untuk digunakan demi kebutuhan anak bangsa yang mengenyam pendidikan di sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *