Permendikbud 137 Tahun 2014, Lembaga Paud Diinstruksikan Berikan Layanan Pada Anak Mulai 0 – 6 Tahun

Oleh : Kepala Bidang Paud dan Dikmas, Nurlina Sani S,Pt, M,Si

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Parigi Moutong melalui Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), mensosialisasikan agar seluruh lembaga Paud mendata anak usia nol sampai enam tahun. Hal itu berdasarkan instruksi Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak usia Dini.

Berdasarkan Permendikbud 137 tahun 2014, Lembaga Paud harus  melakukan pengelompokkan umur untuk memetakan proses layanan. Untuk itu, Bidang Paud Dikmas gencar melakukan sosialisasi agar ada kesamaan persepsi dan tindakan dalam memberikan layanan.

Sosialisasi dan penerapan Peremendikbud 137 tahun 2014 tersebut, mengandung dua tujuan utama yaitu perluasan akses dan peningkatan mutu pendidikan. Untuk tujuan pertama tentang perluasan akses, diimbau  kepada seluruh satuan Paud menjalin kerjasama dengan pemerintah desa atau kader BKB desa untuk  mendata anak umur 0 sampai 6 tahun agar dimasukkan ke Dapodik Paud Dikmas untuk mendapatkan layanan sebagaimana yang dimaksud di Permedikbud tersebut.

Lembaga Paud diharapkankan dapat sebisanya memberi dukungan kepada Dinas Pendidikan  agar seluruh anak terakses pendidikan mulai lahir sampai tingkat SMP, dan tugas lembaga Paud  yaitu mampu mengintervensi usia 0 sampai 6 tahun.

Seluruh lembaga Paud dan KB, diminta untuk mempelajari bersama isi Permendikbud 137 tahun 2014 lalu berinovasi lebih kreatif untuk memberikan layanan sebagaimana yang dimaksud dalam pertaruran tersebut. Diantaranya yang ditekankan adalah pengelompokan usia, untuk 2 sampai 4 tahun perlu dilakukan satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuan minimal dua kali per minggu. Untuk usia 4 sampai 6 tahun satu kali pertemuan minimal 180 menit dan frekuensi pertemuan minimal lima kali per minggu.

Jika hal ini dilakukan dengan serius, Parigi Moutong bisa mendapatkan BOP Paud sekitar Rp 40 milyar dan semuanya itu adalah milik lembaga-lembaga Paud yang tersebar di 23 kecamatan. Saat ini, meski harus diakui belum begitu optimal mendata dan memberikan layanan pada anak 0-6 tahun, BOP Paud telah mencapai Rp12,3 milyar.

Semoga semua pihak terkait bisa segera mungkin menjalankan Permendikbud 137 tahun 2014 demi kemajuan pendidikan anak usia dini di Kabupaten Parigi Moutong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *