Meski Pandemik Covid-19, DAK untuk Pembangunan dan Rehab SD Tetap Dilaksanakan

Oleh : Kepala Bidang SD, Ince Pina SE, M,Si

Menghadapi pandemik covid-19, Kementrian Keuangan memangkas sejumlah anggaran termasuk Dana Alokasi Khusus untuk daerah, yang digunakan untuk pembiayaan pencegahan dan penanganan virus corona. Hal itu terdampak pada sejumlah pembangunan fisik yang terpaksa ditunda tahun ini. Namun beruntung, DAK untuk membiayai kepentingan pendidikan khususnya Sekolah Dasar tetap dilaksanakan.

Sesuai dengan rencana anggaran tahun 2019, Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong mendapatkan anggaran DAK Afirmasi dan DAK regular. DAK Afirmasi direncanakan untuk dua kegiatan yaitu pembangunan sembilan unit rumah dinas guru dan rehab rumah dinas guru untuk 27 sekolah sebanyak 29 unit. Artinya, bahkan ada satu sekolah yang mendapat dua anggaran rehab dua unit.

DAK Afirmasi yang digunakan untuk pembangunan rumah dinas guru dan rehab rumah dinas guru, total pagunya berkisar Rp 3,743 milyar.

Sementara untuk DAK regular, akan digunakan untuk membiayai sembilan menu, yaitu  rehab ruang kelas di 21 sekolah, 68 ruang, rehab jamban di 76 sekolah sebanyak 90 unit, rehab perpustakaan di 15 sekolah, rehab ruang guru di 18 sekolah. Pembangunan ruang kelas baru di tujuh sekolah untuk 12 ruang, pembangunan jamban di delapan sekolah, pembangunan ruang guru di sembilan sekolah, pembangunan UKS di 20 sekolah, pembangunan perpustakaan di 17 sekolah.

Bukan hanya itu, tahun ini pembiayaan untuk kepentingan pendidikan juga dianggarkan dari APBD, seperti pengadaan mobiler sebanyak 360 pasang juga penimbunan. Sampai dengan saat ini, untuk pembangunan dan rehab beberapa sudah selesai tahap perencanaan, gambar bangunan dan penandatanganan MoU, sedangkan di pihak dinas sudah sampai pada tahap sosialisasi meski sifatnya terbatas karena penerapan sosial distancing.

Harapannya, semua pihak terkait dilingkungan sekolah bisa saling mendukung agar kegiatan pembangunan dan rehab  bisa terlaksana tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran sehingga memberikan banyak manfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *