Disdikbud Monev Pelaksanaan Program KD dan PAUD Hingga ke Daerah Terpencil

Oleh : Nurlina S,Pt M,Si

Tahun 2020 ini, tercatat ada 21 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Parigi Moutong yang mendapatkan Bantuan Operasional (BOP) untuk pelaksanaan pendidikan keaksaraan dan kesetaraan paket A,B dan C. Selain itu ada satu PKBM yang melaksanakan program Multi Keaksaraan dan Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM).

Salah satu PKBM yang melaksanakan program keaksaraan dan kesetaraan yaitu PKBM Punsu Jaya. Saat ini mereka memfokuskan programnya di pegunungan Patingke Kecamatan Tinombo, menjangkau masyarakat Lauje Pedalaman di pemukiman Komunitas Adat Terpencil.

Dimulai 2 September 2020 kemarin, tim dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap beberapa PKBM dan lembaga satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tim Disdikbud yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Adrudin Nur bertatap muka dengan peserta keaksaraan dan kesetaraan PKBM Punsu Jaya di pegunungan Patingke, dan meninjau kelayakan Pembentukan PAUD Pertiwi di Pebounang Kecamatan Palasa.

Untuk Patingke, setelah di monitoring dan evaluasi didapati program pembelajaran berjalan baik. Namun belum ada lembaga PAUD disana, sedangkan jumlah anak usia sekolah PAUD cukup banyak. Kepala Disdikbud mendorong pembentukan lembaga PAUD di pemukiman KAT Patingke, sehingga anak-anak usia sekolah bisa mendapatkan pendidikan yang layak.

Sedangkan untuk rencana pendirian PAUD Pertiwi di Pebounang Palasa, setelah dilakukan monitoring dan evaluasi dinyatakan memenuhi syarat untuk segera dibentuk. Lokasinya untuk sementara ‘numpang’ di SDN 2 Terpencil Bobalo dan akan ditempatkan Guru Garis Depan sebagai Kepala Sekolah. Saat ini tahapannya sudah sampai pada proses pengurusan izin di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Untuk diketahui, 21 PKBM yang menerima BOP tahun ini adalah PKBM yang menginput peserta didiknya hingga tanggal 31 Maret 2020 lalu. Untuk tahap kedua, PKBM masih bisa melakukan penginputan data hingga 31 September 2020. Jumlah BOP tahap pertama untuk Parigi Moutong sebesar Rp 1.462.200.000 diperkirakan untuk tahap kedua tidak akan jauh berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *