Disdikbud Parimo Gelar Mogombo Budaya

PALU EKSPRES, PARIGI – Direktur Warisan Diplomasi  Budaya memberikan dukungan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Kabupaten Parigi Moutong menyelenggarakan program kegiatan, Mogombo Budaya (Musyawarah Budaya).

Hal itu diungkapkan Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Nadjamudin Ramly kepada media ini saat kegiatan Mogombo Budaya di lantai II Kantor Bupati Parimo, Selasa (15/5/18).

“Jadi ini adalah tradisi Indonesia.  Menjadi poin dalam sila keempat Pancasila, yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, karena inti Mogombo itu adalah musyawarah,”ujarnya.

Dengan demikian kata dia, harus dikembalikan refitalisasi kerajaan Parigi, Motong, dan sekitarnya.

“Sekarang yang hadir di kegiatan ini Magau (Raja) Parigi dan Moutong. Ini sesuai dengan perintah undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan. Tujuan dari undang-undang itu untuk memberikan perlindungan terhadap seluruh cagar budaya dan objek budaya yang ada di Indonesia,”ungkapnya.

Menurutnya, salah satu budaya adalah kerajaan, yang sudah tidak berperan sebagai pengatur tata negara. Namun berperan sebagai inti dari kebudayaan itu sendiri.

Perlindungan yang dimaksud kata dia, berupa pelestarian tradisi-tradisi yang sudah lama ada supaya bisa dikenali oleh anak cucu nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *